Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SD Gugus 1 Kecamatan Bola Kabupaten Wajo.

KADIR., WAHYUDDIN (2016) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SD Gugus 1 Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Wahyuddin.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran kooperatif mata pelajaran IPA di sekolah dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi lingkungan, teknologi dan masyarakat. Namun, ketika proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat, maka akan memberikan dampak negatif terhadap siswa. Salah satunya menyebabkan kurangnya motivasi siswa untuk berprestasi, sehingga pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPA rendah. Jika masalah tersebut tidak diatasi akan berdampak negatif bagi siswa khususnya pada peningkatan motivasi berprestasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran IPA, mengetahui bagaimana tingkat motivasi berprestasi siswa, dan mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran IPA terhadap motivasi berprestasi siswa SD Gugus 1 Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah true experimen (eksperimen murni) pengujian variabel bebas dan terikat dilakukan terhadap sampel kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain Randomized pretest-posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data melalui observasi untuk menilai kegiatan atau pengamatan terhadap perlakuan yang dilakukan guru di kelas eksperimen, angket untuk memperoleh informasi mengenai tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan dengan menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan kooperatif tipe make a match dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial yang melipti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan kooperatif tipe make a match di kelas eksperimen terlaksana dengan baik. Tingkat motivasi berprestasi siswa belajar IPA meningkat setelah diberikan perlakuan tipe make a match hasil pre-test pada kelas eksperimen dari kategori cukup dan setelah post-test menjadi tinggi, itu berarti motivasi berprestasi siswa meningkat setelah mendapat perlakuan make a match. Peningkatan motivasi berprestasi siswa belajar IPA dari sebelum dan setelah pemberian perlakuan make a match berindikasi bahwa pelaksanaan pembelajaran tipe make a match berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:01
Last Modified: 03 Apr 2018 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6604

Actions (login required)

View Item View Item