Faktor Individu dan Kontekstual serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas di Samarinda

ISWARI, WENINGTYAS PARAMA (2018) Faktor Individu dan Kontekstual serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas di Samarinda. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Chapter I.docx

Download (30kB)

ABSTRAK Studi ini menggali hubungan antara faktor individu dan kontekstual serta pengaruhnya terhadap hasil belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana faktor individu, yaitu motivasi dan strategi belajar bahasa, dan faktor kontekstual yang dimiliki siswa, dan apakah terdapat perbedaan dalamfaktor-faktor tersebut berdasarkan gender dan akreditasi sekolah, dan (2) sejauh mana faktor individu, yaitu motivasi dan strategi belajar bahasa, serta faktor kontekstual berkorelasi satu dangan yang lain dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris. Studi kuantitatif ini menerapkan penelitian survei. Populasi studi ini adalah para siswa sekolah menengah atas di Kota Samarinda, dimana 692 siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan teknik kombinasi sampling acak klaster dan individu. Data dikumpulkan menggunakan tiga jenis kuesioner, yaitu the English Learner Questionnaire (Kuesioner Pembelajar Bahasa Inggris), the Strategy Inventory of Language Learning (Inventarisasi Strategi Belajar Bahasa), dan the Questionnaire for Contextual Factors of EFL Learning(Kuesioner Faktor Kontekstual Belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing), serta nilai murni dari tes ujian akhir yang dibuat guru sekolah. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan statistik deskriptif dan inferensial (Path Analysis) dengan program IBM SPSS 21. Dalam studi ini ditemukan bahwa (1) siswa memiliki motivasi belajar Bahasa Inggris yang tinggi, dan menggunakan strategi belajar bahasa dengan kategori medium. Dalam hal faktor kontekstual, siswa berpendapat bahwa lingkungan dimana mereka belajar Bahasa Inggris memiliki kondisi rata-rata. Secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam semua variable. Berkaitan dengan akreditasi sekolah, siswa yang berasal dari sekolah berakreditasi A menunjukkan tingkat yang lebih tinggi secara signifikan di semua variabel dibandingkan dengan siswa dari sekolah berakreditasi B; dan (2) ditemukan hubungan linier antara motivasi, strategi belajar bahasa dan faktor kontekstual. Motivasi dan faktor kontekstual siswa secara langsung dan signifikan mempengaruhi penggunaan strategi belajar bahasa. Terkait dengan hasil belajar, terbukti adanya hubungan linier yang signifikan antara motivasi, strategi belajar bahasa dan faktor kontekstual. Motivasi dan faktor kontekstual secara langsung mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris, tetapi strategi belajar bahasa tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Pengaruh motivasi dan faktor kontekstual dengan mediasi strategi belajar terhadap hasil belajar tidak signifikan. Hasil dari studi ini memiliki beberapa implikasi: (1) secara teoritis, hasil studi memvalidasi dan memperluas teori yang ada tentang faktor individu dan faktor kontekstual serta pengaruhnya terhadap hasil belajar Bahasa Inggris, (2) secara praktis, guru Bahasa Inggris perlu menyadari pentingnya motivasi dan strategi belajar Bahasa dan faktor-faktor kontekstual, menciptakan lingkungan kelas yang kondusif secara pedagogi maupun sosial, meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka, memberikan perlakukan yang sama terhadap siswa laki-laki dan perempuan, (3) orangtua perlu mendukung anak-anak mereka dalam belajar Bahasa Inggris, (4) pemerintah perlu melakukan investasi guna meningkatkankualifikasi guru Bahasa Inggris dan fasilitas belajar, dan (5) kepala sekolah perlu memperhatikan upaya mempertahankan atau meningkatkan akreditasi sekolah mereka.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:56
Last Modified: 03 Apr 2018 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item View Item