2017. Pengembangan Bahan Ajar MPK Bahasa Indonesia Kedokteran Berbasis Pendidikan Karakter Melalui Media Flip Book Maker di Universitas Muslim Indonesia

RAHMAWATI, SITTI (2017) 2017. Pengembangan Bahan Ajar MPK Bahasa Indonesia Kedokteran Berbasis Pendidikan Karakter Melalui Media Flip Book Maker di Universitas Muslim Indonesia. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menciptakan prototipe bahan ajar yang layak, praktis, dan efektif untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran semester I (ganjil) dalam pembelajaran Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia Kedokteran . Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Desain tindakan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data temuan dianalisis dengan pendekatan deksriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini: (a) dihasilkan produk bahan ajar MPK Bahasa Indonesia untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran semester I (ganjil) berbasis pendidikan karakter melalui media flip book maker, (b) bahan ajar MPK Bahasa Indonesia Kedokteran berbasis pendidikan karakter melalui media flip book maker dinyatakan layak oleh ahli dan subjek uji coba, (c) bahan ajar MPK Bahasa Indonesia Kedokteran berbasis pendidikan karakter melalui media flip book maker dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat ketuntasan tes kemampuan kelompok uji lapangan I dan II masing-masing sebesar 59% dan 77%. Tingkat aplikatif nilai-nilai karakter di dalam bahan ajar pada dua kelompok uji lapangan masing-masing 94,5% dan 93,5% dengan kategori sangat baik. Hasil tes menunjukkan bahwa setelah mahasiswa belajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 71.43%. (d) bahan ajar MPK Bahasa Indonesia Kedokteran berbasis pendidikan karakter melalui media flip book maker dinyatakan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket respon mahasiswa dan dosen. Rerata total respon dosen terhadap bahan ajar sebesar 3,8 atau dengan kategori baik. Rerata total respon mahasiswa uji coba lapangan I dan II masing-masing sebesar 4,1 dengan kategori praktis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:36
Last Modified: 03 Apr 2018 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item View Item