Pengaruh Iklim Sekolah, Kepuasan Kerja,dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap

SAHRIR, SAHRIR (2016) Pengaruh Iklim Sekolah, Kepuasan Kerja,dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1 Disertasi.docx

Download (41kB)

ABSTRAK Salah satu indikator untuk mengukur mutu guru adalah “Kinerja Guru”. Kinerja sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain adalah iklim sekolah, kepuasan kerja dan motivasi berprestasi. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Apakah terdapat pengaruh langsung atau tidak langsung iklim sekolah melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap? (ii) Apakah terdapat pengaruh langsung atau tidak langsung kepuasan kerja melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap? (iii) Apakah terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung iklim sekolah melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap; (ii) untuk mengetahui pengaruh langsung atau tidak langsung kepuasan mengajar melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap; (iii) untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap. Metode penelitian yang digunakan adalah survai yang bersifat kuantitatif. Data diolah dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dalam bentuk Analysis of Moment Structures (AMOS) untuk melihat ada atau tidak ada pengaruh iklim sekolah, motivasi berprestasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Jumlah populasi adalah 450 orang guru dari 11 SMA Negeri yang ada di Kabupaten Sidrap. Jumlah sampel 140 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling antara jumlah populasi guru pada masing-masing sekolah. Data diolah dengan analisis yang terdapat pada Microsoft Excel dan SPSS dan AMOS. Berdasarkan hasil output AMOS hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) iklim sekolah berpengaruh secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Sidrap, dengan nilai estimasi iklim sekolah terhadap kinerja memiliki nilai -0,386 dan p > 0,005. Hal ini berarti bahwa iklim sekolah dengan melalui motivasi berprestasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sidrap; (ii) kepusan kerja berpengaruh secara tidak langsung melalui motivasi berperstasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri di Kabupaten Sidrap dengan nilai estimasi kepuasan kerja terhadap kinerja memiliki nilai 0,134 dan nilai p > 0,05; (iii) Motivasi berprestasi berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru di SMA Negeri di Kabupaten Sidrap, dengan nilai estimasi 0,638 dan nilai p < 0.005. Hal ini berarti motivasi berprestasi memberikan kontribusi secara positif terhadap kinerja guru di SMA Negeri di Kabupaten Sidrap.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:21
Last Modified: 03 Apr 2018 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item