Pengaruh Penerapan Assessmen Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Parepare

PRATIWI., OKTAVIA (2017) Pengaruh Penerapan Assessmen Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL OKTAVIA PRATIWI.doc

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian experimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Parepare yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh assessmen unjuk kerja terhadap hasil belajar, pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar, interaksi antara assessmen unjuk kerja dengan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Parepare. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan untuk pembelajaran, satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar (postest). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, lembar obervasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, angket respon siswa dan gaya belajar. Adapun data yang terkumpul dianalisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (i) hasil belajar matematika siswa kelas VII.1 (kelas eksperimen) setelah diterapkan assessmen unjuk kerja: skor rata-rata 75,84 dengan standar deviasi 22.648. Hasil belajar matematika siswa kelas VII.2 (kelas Kontrol) setelah diterapkan assessmen tradisional: skor rata-rata 82,75. dengan standar deviasi 8.363. (ii) respon siswa kelas VII setelah diterapkan assessmen pembelajaran cenderung positif. (iii) Aktivitas guru menggunakan assessmen unjuk kerja di kelas VII.1 (kelas eksperimen) dengan kategori baik. Aktivitas guru menggunakan assessmen tradisional di kelas VII.2 dengan kategori baik. (iv) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan assessmen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (v) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa (vi) terdapat interaksi antara assessmen pembelajaran dengan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Parepare. .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:07
Last Modified: 03 Apr 2018 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item