Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 2 Parepare

RAHMAN, ABDUL (2017) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 2 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL RAHMAN.docx

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Parepare yang bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan gambaran hasil belajar matematika , kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunkasi matematika siswa pada saat dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Parepare. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing lima kali pertemuan, empat kali pertemuan pada saat proses pembelajaran dan satu kali pertemuan tes siklus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, tes pemecahan masalah untuk melihat sejauh mana kemampuan pemecahan masalah dan tes komunikasi matematika untuk melihat sejauh mana kemampuan komunikasi matematika siswa, teknik observasi berupa lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think talk write yang diterapkan. Adapun data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Parepare mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut: (i) adanya perubahan signifikan yang terjadi pada setiap tahapan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write baik pada siklus I maupun siklus II; (ii) tercapainya indikator kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika yakni mencapai rata-rata skor 80. (iii) tercapainya rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu 80, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yakni 85% siswa mencapai hasil 80. (iv) tercapainya indikator aktivitas siswa pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kategori sangat baik dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:48
Last Modified: 03 Apr 2018 00:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item