Pengaruh Konsep Diri dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kabupaten Dompu

Fathurrahman, Fathurrahman (2016) Pengaruh Konsep Diri dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kabupaten Dompu. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (459kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh: i) konsep diri terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; ii) perhatian orang tua terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; iii) kosnsep diri terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; dan iv) perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; v) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Dompu dengan jumlah 915 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu dengan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 278 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belaajar fisika yang telah di uji coba empirik. Data hasil penelitian di analis dengan menggunakan metode analisis Structural equation modeling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model structural AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh konsep diri, perhatian orang tua, motivasi berprestasi, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: i) konsep diri tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; ii) perhatian orang tua tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; iii) konsep diri berpengarh langsung positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; dan iv) perhatian orang tua berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; v) motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu. Kata kunci : Expost-facto, Konsep Diri, Perhatian Orang Tua, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:23
Last Modified: 03 Apr 2018 00:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item