Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Karya Habuburahman El Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra

ILHAM, MUHAMMAD (2016) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Karya Habuburahman El Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS 12042016.docx

Download (385kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy, (2) merelevansikan nilai pendidikan karakter novel Ayat-ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra dengan pembelajaran sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Sumber data adalah novel Ayat-ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburahman El Shirazy.Data penelitian ini berupa kutipan teks yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel yang dianalisis dan relevansinya dengan pembelajaran sastra.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknikbaca, dan teknik catat.Langkah-langkah teknik analisis data dilakukan dengan cara identifikasi data, mengklasifikasi data, interpretasi data, penjelasan hubungan hasil penelitian dengan pembelajaran sastra, dan tahap akhir menyimpulkan sesuai hasil penelitian. Hasil penelitian dalam penelitian ini terbagi menjadi dua.Pertama, nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy serta relevansinya dengan pembelajaran sastra, terdapat tiga belas pendidikan karakter yang terkandung diantaranya, (1) religius, (2) cintadamai, (3) cintatanah air, (4) demokratis, (5) jujur, (6) kerjakeras, (7) mandiri (8) kreatif, (9) menghargai prestasi, (10) pedulisosial, (11) rasa ingintahu, (12) tanggungjawab, dan (13) nilaitoleransi. Kedua, adalah novel Ayat-ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra mempunyai relevansi terhadap pembelajaran saa, hal ini terlihat dari indikator, komptensiinti, dan kompetensi dasar dalam kurikulum, yang jika pembelajaran novel diterapkan dapat memperbaiki karakter pesertadidik di sekolah menjadi insan yang berahklak baik. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya paratenaga pendidik memberikan pemahaman kepada peserta didik agar pada saat mengajar, disarankan memahami nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam bacaan yang sedang diajarkan tersebut, dengan harapan pesertadidik dapat membentuk karakternya menjadi lebih baik, serta harapan novel tersebut dapat memotivasi pembaca untuk melakukan hal-hal yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:12
Last Modified: 03 Apr 2018 00:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6581

Actions (login required)

View Item View Item