Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang

SUSWATI, SUSWATI (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
7. BAB I SUSWATI (1-8).pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB V SUSWATI (93-96).pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Biologi berbasis pendekatan Saintifik bagi Siswa Kelas VII SMP (2) Untuk menperoleh perangkat pembelajaran IPA Biologi berbasis pendekatan Saintifik bagi Siswa Kelas VII SMP yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 4 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada tahap pengembangan draf I divalidasi oleh para ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Saintifik telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon guru pada saat uji coba dilapangan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu; (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat tinggi, (3) aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik, dan (4) respon berada pada kategori sangat positif. Penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB) melalui proses pengembangan yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran , (2) setelah dilakukan validasi dan uji coba maka diperoleh perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: PengembanganPerangkat,Pendekatan saintifik,Valid,Praktis, Efektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 09:00
Last Modified: 02 Apr 2018 09:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item