Pengembangan Penilaian Autentik berbasis Multiple Inteligensi pada ranah Afektif dan Psikomotorik terhadap peserta didik kelas di SMP Negeri 2 Duampanua

NURFADILLAH, IKA (2017) Pengembangan Penilaian Autentik berbasis Multiple Inteligensi pada ranah Afektif dan Psikomotorik terhadap peserta didik kelas di SMP Negeri 2 Duampanua. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
01. BAB I (1-6).pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB V (63-65).pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), dimana produk yang diinginkan adalah penilaian autentik berbasis multiple intelegensi yang valid dan layak untuk digunakan.. Produk tersebut adalah: (1) Lembar penilaian autentik ranah afektif, dan (2) Lembar penilaian autentik pada ranah psikomotorik. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model four-D (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (dessimenate). Penelitian ini menggunakan pengembangan model four D untuk mengetahui pencapaian ranah afektif dan psikomotorik yang berbasis multiple inteligensi peserta didik pada pokok bahasan Tekanan zat cair. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Duampanua. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil pengamatan hasil uji coba. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa semua komponen penilaian autentik yang meliputi lembar penilaian autentik ranah afektif dan lembar penilaian autentik ranah psikomotorik memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Dengan demikian Penilaian autentik yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi tekanan zat cair. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ditemukan karakteristik dari penilaian autentik ranah afektif dan penilaian autentik ranah psikomotorik yang berbasis Multiple inteligensi ini realiabel. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa angket respon guru berada pada kategori sangat postif. Dan berdasarkan hasil analisis data hasil pengamatan penilaian autentik ranah afektif dan psikomotorik berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Penilaian autentik, Multiple Inteligensi, ranah Afektif dan ranah Psikomotorik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:50
Last Modified: 02 Apr 2018 08:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item