Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IX-4 SMPN 2 Duampanua

SAMSIR., SAMSIR. (2017) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IX-4 SMPN 2 Duampanua. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL SAMSIR.docx

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IX-4 SMPN 2 Duampanua. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Prosedur penelitian untuk setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 SMPN 2 Duampanua sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes hasil belajar siswa kelas IX-4 pada siklus pertama yang tuntas individual dari 30 siswa hanya 18 siswa atau 60% yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 69,33%. Sedangkan pada siklus kedua di mana dari 30 siswa terdapat 26 orang atau 86,67% yang telah memenuhi KKM dan secara klasikal masih belum terpehuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 73,88% atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa kelas IX-4 SMPN 2 Duampanua melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:02
Last Modified: 02 Apr 2018 08:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item