Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Bagi Peserta Didik kelas VII SMPN 1 Mattiro Sompe.

AZMI,, NURUL (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Bagi Peserta Didik kelas VII SMPN 1 Mattiro Sompe. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
05 BAB I (1-7).docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran IPA Biologi berbasis model kooperatif tipe NHT (2) Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA Biologi berbasis model kooperatif tipe NHT yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas VII.1 SMPN 1 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran IPA Biologi berbasis model kooperatif NHT yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan perangkat pembelajaran yaitu; RPP nilai 3,3 valid, Buku peserta didik nilai 3,5 sangat valid, LKPD nilai 3,26 valid, dan THB nilai 3,14 valid dan untuk instrument penelitian yaitu; lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran nilai 3,25 valid, lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran nilai 3,50 sangat valid, lembar pengamatan aktivitas peserta didik nilai 3,4 valid, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran nilai 3,42 valid dan lembar respon guru terhadap pembelajaran nilai 3,50 sangat valid. Berdasarkan kriteria kepraktisan, analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon guru pada saat uji coba dilapangan terpenuhi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu; (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (3) aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik, dan (4) respon peserta didik berada pada kategori sangat positif. Penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan validasi dan uji coba maka diperoleh perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:54
Last Modified: 02 Apr 2018 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6567

Actions (login required)

View Item View Item