Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Sikap Profesional Guru Terhadap Kemampuan Guru Merencanakan Pembelajaran Pada SMA Negeri di Kabupaten Bantaeng

PATTA, NUR AHMAD RAFIUDDIN (2016) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Sikap Profesional Guru Terhadap Kemampuan Guru Merencanakan Pembelajaran Pada SMA Negeri di Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Penelitian.docx

Download (203kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran, (2) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran, (3) pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran melalui sikap profesional guru, (4) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran melalui sikap profesional guru, dan (5) pengaruh sikap profesional guru terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada SMA Negeri di Kabupaten Bantaeng Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah semua guru PNS pada SMA Negeri di Kabupaten Bantaeng. Jumlah sampel sebanyak 103 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas berada pada kategori baik, motivasi kerja guru berada pada kategori tinggi, sikap profesional guru berada pada kategori positif, dan kemampuan guru merencanakan pembelajaran berada pada kategori baik. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan: (1) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah, motivasi kerja guru, dan sikap profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran, (2) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh signifikan terhadap sikap profesional guru, dan (3) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja guru menjadi bertambah pengaruhnya terhadap kemampuan guru merencanakan pembelajaran melalui sikap profesional guru pada SMA Negeri di Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:46
Last Modified: 02 Apr 2018 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6565

Actions (login required)

View Item View Item