Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di SD Negeri 277 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang

Halim, Nuraeni (2016) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di SD Negeri 277 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Nuraeni Halim.docx

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan model pembelajaran penemuan ( Discovery Learning ) , hasil belajar IPA siswa, serta pengaruh model pembelajaran penemuan ( Discovery Learning ) terhadap hasil belajar IPA siswa di SD Negeri 277 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah penelitin kuantitatif dengan metode true eksperimen dimana desainnya adalah pretest dan posttes control group.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 277 Mattiro Bulu. Penelitian ini mempunyai dua variabel yakni variabel bebas yaitu penggunaan metode penemuan dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V yang Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa dengan rincian 18 di kelompok control dan 18 di kelompok ekperimen. Pada kelompok ekperimen proses pembelajaran dilakukan engan menerapkan metode pembelajaran penemuan sedangkan kelompok control dengan metode konvensional.Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan model pembelajaran penemuan dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 277 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang telah terlaksana dengan baik. (2) Setelah penerapan model pembelajaran penemuan pada pembelajaran IPA di kelompok ekperimen menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang di peroleh siswa pada kelas eksperimen yaitu 75 dan nilai tertinggi 90 yang dicapai sebanyak 2 siswa; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerpaan model pembelajara Penemua dan hasil belajar IPA siswa di SD Negeri 277 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji t (hipotesis) menggunakan uji inferensial jenis uji-t independent sample test dan diperoleh nilai t sebesar 0,892 dengan derajat kebebasan 30 dan p-value (2 tailed) = 0,000. Karena nilai p-value < 0,05 atau 0,000 < 0,05 Kata kunci : Model Pembelajaran Penemuan, Hasil Belajar, Pembelajaran Sains SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:45
Last Modified: 02 Apr 2018 07:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6564

Actions (login required)

View Item View Item