Profil Pemahaman Konsep Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MIA 5 SMAN 11 Unggulan Pinrang.

JUHRIANTO., JUHRIANTO. (2017) Profil Pemahaman Konsep Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MIA 5 SMAN 11 Unggulan Pinrang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I.docx

Download (28kB)

ABSTRAK Konsep fungsi merupakan konsep dasar untuk membangun beberapa konsep lainnya, misalnya konsep komposisi fungsi, limit fungsi, fungsi kuadrat, dan konsep dasar kalkulus lainnya. Konsep fungsi perlu dipahami oleh siswa agar konsep yang didasarkan pada konsep fungsi juga dapat dipahami. Namun beberapa siswa masih bingung memahami konsep fungsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep fungsi ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Pemahaman yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pemahaman instrumental (mampu menentukan fungsi atau bukan fungsi tetapi tidak mampu menjelaskan dengan tepat alasannya) dan pemahaman relasional (mampu menentukan fungsi atau bukan fungsi serta menjelaskan alasannya dengan tepat). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah empat orang yaitu dua orang berkemampuan tinggi (subjek tinggi) dan dua orang berkemampuan rendah (subjek rendah). Fokus penelitian adalah mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap konsep fungsi yang meliputi pemahaman terhadap domain, kodomain, range, definisi fungsi, serta jenis fungsi berdasarkan sifatnya. Untuk mengungkap data penelitian, dilakukan wawancara berbasis tugas kepada subjek penelitian. Data penelitian divalidasi dengan melakukan triangulasi metode yaitu melakukan wawancara dalam waktu seminggu setelah subjek diberikan tugas. Data penelitian dianalisis dengan (a) menelaah data subjek dan membandingkan hasil pekerjaan siswa dan data wawancara untuk memperoleh data yang valid, (b) melakukan reduksi data dengan membuat abstraksi, (c) mengklasifikasi dan mengidentifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data. Hasil penelitian ini menunjukkan: profil pemahaman konsep fungsi ditinjau dari kemampuan siswa adalah: (a) Subjek tinggi cenderung termasuk kategori pemahaman relasional karena subjek tinggi cenderung mampu menentukan dengan tepat contoh fungsi dan bukan fungsi serta menjelaskan alasannya. Tetapi pemahaman subjek tinggi terhadap jenis fungsi berdasarkan sifatnya termasuk pemahaman instrumental.karena belum mampu menentukan dengan tepat contoh fungsi injketif, surjektif, dan bijektif; (b) Subjek rendah termasuk kategori pemahaman relasional. Subjek belum mampu menentukan dengan tepat yang merupakan fungsi dan bukan fungsi, serta tidak mampu menjelaskan jawaban dari tugas yang diberikan karena subjek menejawab hanya berdasarkan tebakan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:37
Last Modified: 02 Apr 2018 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item View Item