Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pengajaran Langsung Terhadap Pencapaian Motivasi Siswa Kelas X SMKN 4 Pinrang

Sulaiman, Ayu Zulpiah (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pengajaran Langsung Terhadap Pencapaian Motivasi Siswa Kelas X SMKN 4 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. BAB I (1-5).docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), dimana produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan.. Produk tersebut adalah: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) buku ajar peserta didik (BAPD), (3) Lembar kerja peserta didik (LKPD), dan (4) tes hasil belajar. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model four-D (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (dessimenate). Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat model four D untuk mengetahui pencapaian motivasi dan tes hasil belajar pada pokok bahasan suhu dan kalor setelah diajar dengan menggunakan model pengajaran langsung Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Pinrang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil pengamatan hasil uji coba. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa semua komponen perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, BAPD, LKPD, tes hasi belajar penilaian memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Dengan demikian Perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ditemukan karakteristik dari perangkat RPP, BAPD dan LKPD yang berorientasi pada model pengajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa keterlaksanaan perangkat berada pada kategori terlaksana seluruhnya, kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, angket respon peserta didik dan guru berada pada kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:29
Last Modified: 02 Apr 2018 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item