Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 2 Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang

YAHYA, JUSMADIL (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 2 Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran garis bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Eksprimental Design dandesain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random berdasarkan kategori nilai dalam buku laporan pendidikan siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran garis bilangan dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar 17 soal isian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji t Indefendentdengan bantuan SPSS versi 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran garis bilangan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berlangsung dengan cukup baik. Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika sebelum menggunakan media pembelajaran garis bilangan umumnya berada pada kategori sangat rendah. Setelah menggunakan media pembelajaran garis bilangan pada kelas eksperimen hasil belajar meningkat berada pada kategori tinggi dan pada kelas kontrol umumnya hasil belajar pada kategori rendah. Jadi penggunaan media pembelajaran garis bilangan berpangaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang karena hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran garis bilangan lebih baik dari pada yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran garis bilangan. Kata Kunci: Media garis bilangan, hasil belajar, dan pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:20
Last Modified: 02 Apr 2018 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item