. Pengaruh Interaksi Belajar Mengajar (IBM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 20 Bulukumba. Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd, M.Pd dan Bapak Dr. Ibrahim, S.Ag, M.Pd).

Haslinda, Haslinda (2014) . Pengaruh Interaksi Belajar Mengajar (IBM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 20 Bulukumba. Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd, M.Pd dan Bapak Dr. Ibrahim, S.Ag, M.Pd). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Haslinda, 2014..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Haslinda, 2014. Pengaruh Interaksi Belajar Mengajar (IBM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 20 Bulukumba. Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd, M.Pd dan Bapak Dr. Ibrahim, S.Ag, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat interaksi belajar mengajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Bulukumba dan gambaran tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Bulukumba serta untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Bulukumba. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari interaksi belajar mengajar (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 20 Bulukumba sebanyak 825 orang siwa serta yang menjadi sampel sebanyak 66 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran tingkat interaksi belajar mengajar dalam kategori “cukup baik” dan gambaran tingkat hasil belajar siswa tergolong dalam kategori “baik”. Serta ada pengaruh antara interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 20 Bulukumba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item