Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Discovery Terbimbing Kelas X MIA2 SMA Negeri I Barru.

Rusmawati, Rusmawati (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Discovery Terbimbing Kelas X MIA2 SMA Negeri I Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL RUSMAWATI.docx

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pembelajaran (PTK) melalui penerapan strategi discovery terbimbing khususnya pada materi suhu dan kalor yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. PTK ini dilaksanakan di SMA Negeri I Barru pada kelas X MIA2 SMAN I Barru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif. Variabel masalah penelitian ini adalah berupa hasil belajar kognitif fisika peserta didik meliputi indikator mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68. Hasil siklus I masih memerlukan perbaikan sehingga dilakukan siklus lanjutan. Hasil belajar fisika pada siklus II menghasilkan rata-rata ketuntasan sebesar 88,33% yang menunjukkan ketercapaian indikator dan mengalami peningkatan. Dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA2 SMAN 1 Barru tahun pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui strategi discovery terbimbing dengan cara: pendidik memberikan motivasi awal melalui penampilan fenomena sebagai pemicu untuk merumuskan masalah dan menjawabnya dalam bentuk hipotesis. Berdasarkan temuan penelitian tindakan kelas ini, maka disarankan kepada guru fisika untuk menggunakan strategi pembelajaran discovery terbimbing pada setiap pembelajaran yang sesuai karena selain dapat meningkatkan hasil belajar fisika, peserta didik juga akan mendapatkan variasi pembelajaran sehingga mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:01
Last Modified: 02 Apr 2018 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item View Item