Model Pembelajaran Rationale, Approach Participation, Integrating Islam, dan Environment (RAPIE)

RAPI, MUH. (2017) Model Pembelajaran Rationale, Approach Participation, Integrating Islam, dan Environment (RAPIE). S3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (26kB)

Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkan model pembelajaran Rationale, Approach Participation, Integrating Islam, danEnvironment (RAPIE) yang valid, praktis dan efektif digunakan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) atau lembaga pendidikan tinggi berbasis keagamaan Islam. PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganatauResearch and Development (R&D), yaknipengembangan model pembelajaran Rationale, Approach Participation, Integrating Islam, danEnvironment (RAPIE)denganmengacupada model pengembanganPlomp. Model pembelajaran RAPIE inimengikutifase-fasepengembangan, yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi atau konstruksi, (4) tes, evaluasidanrevisi, (5) implementasi. Subjekujicobaadalahmahasiswa Program StudiPendidikanBiologiUniversitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar angkatantahun 2016. Data kevalidan model diperolehmelaluipenilaianbuku model pembelajaran RAPIE danperangkatpembelajaran. Data kepraktisan model diperolehmelaluipengamatanketerlaksanaanpembelajaran RAPIE dankemampuandosenmengelolapembelajaran. Data keefektifan model diperolehmelaluipengamatanaktivitasmahasiswa, teshasilbelajardanresponsmahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi dari tim pakar terhadap model pembelajaran RAPIE yang terdiri atas buku model, perangkat pembelajaran dan instrumen secara keseluruhan memenuhi kriteria kevalidan, (2) hasil pengamatan keterlaksanaan model RAPIE dan kemampuan dosen mengelola pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan, (3) hasil belajar, aktivitas, dan respons mahasiswa terhadap model pembelajaran RAPIE seluruhnya memenuhi kriteria keefektifan, dan(4) model pembelajaran RAPIE direkomendasikan untuk disebarluaskan kepada program studi yang membina mata kuliah pengetahuan lingkungan dengan pendekatan integrasi Islam terutama bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di bawahpembinaanKementerian Agama. Kata Kunci: Model pembelajaran, rationale, approach participation, integrating Islam, environment.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > Kependudukan dan Lingk. Hidup (s2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:58
Last Modified: 02 Apr 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item