Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng.

ERLIN, CHARISNIATY (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Eremerasa Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
(12) JURNAL CHARISNIATY ERLIN.docx

Download (663kB)

ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis saintifik? dan bagaimana kualitas suatu produk perangkat pembelajaran biologi yang valid, praktis, dan efektif berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VIII SMP?.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik dan untuk memperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Peredaran Darah. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah RPP. Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Pada saat mengembangkan perangkat pembelajaran dikembangkan pula instrument yang terkait dengan perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap – tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran, namun dalam penelitian ini tahap penyebarannya terbatas hanya pada lingkungan SMP Negeri 1 Eremerasa melalui MGMP Internal sekolah. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian seluruhnya berada pada kategori sangat valid. Pada penelitian ini uji coba dilakukan pada kelas VIII C SMP Negeri 1 Eremerasa. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, adalah: (1) perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik praktis, karena telah memenuhi indikator kepraktisan yaitu keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori terlaksana seluruhnya, dan respon guru dengan kategori sangat positif (2) perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik efektif karena telah memenuhi seluruh indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar (kognitif) telah tercapai yaitu ≥ 75, hasil penilaian aktivitas siswa berada pada kategori baik, respon siswa berada pada kategori sangat positif dan kegiatan pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:55
Last Modified: 02 Apr 2018 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item