Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Konsep Larutan di SMK Negeri 3 Bantaeng.

SALEH, SAMSINAR (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Konsep Larutan di SMK Negeri 3 Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
(23) JURNAL SAMSINAR SALEH.docx

Download (47kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran proses pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang valid, praktis, dan efektif, (2) mengetahui tinhgkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Konsep Larutan di SMK Negeri 3 Bantaeng. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Keperawatan B SMK Negeri 3 Bantaeng dengan jumlah siswa 18 orang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa draft RPP, Buku Peserta Didik (BPD) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran materi Konsep Larutan. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan ditunjukkan oleh tes hasil belajar yang mencapai ketuntasan sebesar 100%, respon positif dari siswa mencapai 93,70% untuk buku peserta didik, 92,38% untuk LKPD dan 85,24% untuk perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran serta keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kriteria sangat tinggi. berdasarkan kriteria yang digunakan untuk menilai perangkat pembelajaran yang dihasilkan yaitu kevalidan, keefektifan dan kepraktisan, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualitas baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:46
Last Modified: 02 Apr 2018 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item