Efektifitas Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Saintifik pada SMP Negeri 40 Makassar

SYAHRIR, MUSDALIFAH (2016) Efektifitas Pembelajaran PPKn dengan Pendekatan Saintifik pada SMP Negeri 40 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (49kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran efektifitas pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik pada SMP Negeri 40 Makassar yang dilihat dari penerapannya yang meliputi: (1) Mengamati (Observing); (2) Menanya (Questioning); (3) Mengumpulkan informasi/mencoba (Experimenting); (4) Menalar/mengasosiasi (Associating); (5) Mengomunikasikan (Communicating). Penelitian ini termasuk pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan hasil penelitian dengan mendeskripsikan data-data aktual yang diperoleh dalam efektifitas pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik pada SMP Negeri 40 Makassar. Sumber data dipilih secara purposive sampling (sampel bertujuan). Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Hasil penelitian efektifitas pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik pada SMP Negeri 40 Makassar menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn SMP Negeri 40 Makassar pada tahap mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, menalar/ mengasosiasi, dan mengomunikasikan belum terlaksana secara efektif. (2) Pendekatan saintifik belum dapat mengefektifkan pembelajaran PPKn pada SMP Negeri 40 Makassar. Hal ini terbukti dalam pelaksanaan kegiatan belajar dengan pendekatan saintifik masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa, siswa belum aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, serta belum dapat mencapai tujuan pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:46
Last Modified: 02 Apr 2018 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item