Peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sinjai Timur

Hatta, Nurhayati (2016) Peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sinjai Timur. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
(6) JURNAL NURHAYATI HATTA.docx

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Timur tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran matematika masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu menumbuhkan keaktifan siswa dan mereka malas dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan model pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa ke arah yang lebih baik.Salah satu model pembelajaran yang dianggap tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sinjai Timur tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama berlangsung 5 kali pertemuan dan siklus kedua berlangsung 4 kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampua guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran masing-masing diambil dari lembar observasi, hasil belajar diambil dari pemberian tes pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 76%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 68,65% dengan kriteria tinggi, dan nilai aktivitas guru 76,9 (Baik). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 86 dengan ketuntasan belajar klasikal 92%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 90,97% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai aktivitas guru 93,4 (Amat Baik). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa, serta aktivitas guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:31
Last Modified: 02 Apr 2018 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item View Item