Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik berbantuan Laboratorium Mini untuk Siswa Kelas VIII SMP

RAZZAQ, ABDUL (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik berbantuan Laboratorium Mini untuk Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Abdul Razzaq (Artikel).pdf

Download (257kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh perangkat pembelajaran geometri berbasis model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbantuan laboratorium mini untuk siswa kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah (1) buku siswa, (2) lembar kerja siswa, (3) buku guru, dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, (2) tes hasil belajar, (3) lembar pengamatan aktivitas siswa, dan (4) angket respons siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.c SMP Negeri 5 Duampanua Kabupaten Pinrang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa dengan kemampuan kognitif beragam. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi, dengan tahapan; (a) tahap pendefinisian yaitu melakukan analisis terhadap kondisi pembelajaran, karakteristik siswa, tugas, serta perincian indikator dan tujuan pembelajaran, (b) perencanaan yaitu perancangan prototipe perangkat pembelajaran dengan langkah menyusun kisi-kisi tes hasil belajar, memilih media pembelajaran yang dianggap cocok, dan menentukan format perangkat pembelajaran, (b) pengembangan yaitu melakukan revisi terhadap perangkat pembelajaran sesui saran validator selanjutnya di lakukan uji coba penerapan perangkat pembelajaran pada 23 orang siswa kelas VIII.c SMP Negeri 5 Duampanua Kabupaten Pinrang dengan memperhatikan kemampuan guru dalam menggunakan perangkat, aktivitas siswa dalam pembelajaran, respons siswa terhadap proses dan perangkat pembelajaran, serta hasil belajar siswa. (2) perangkat pembelajaran geometri berbasis model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbantuan laboratorium mini untuk siswa kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Kevalidan perangkat pembelajaran ditandai dengan penilaian dua orang validator, kepraktisan perangkat pembelajaran ditandai dengan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran cukup baik, dan keefektifan perangkat pembelajaran ditandai dengan; hasil belajar siswa telah memenuhi ketuntasan secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran telah memenuhi toleransi persentase waktu ideal, serta 89% dari jumlah siswa memberikan respons positif terhadap kegiatan dan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:29
Last Modified: 02 Apr 2018 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item View Item