Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Pokok Asam Basa di Tingkat SMP

EMILIANI, EMILIANI (2017) Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Pokok Asam Basa di Tingkat SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_ku.docx

Download (139kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh video pembelajaran pada materi pokok asam basa di tingkat SMP yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Hannafin dan Peck dengan prosedur penelitian yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) design, (3) pengembangan/ implementasi dengan setiap fasenya dilakukan evaluasi dan revisi. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPIT Al Fityan School Gowa dengan jumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui hasil validasi dan hasil kepraktisan, serta pemberian pre-pos tes untuk mengetahui keefektifan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas video pembelajaran mencapai skor rata-rata validasi materi dan validasi media 3,7 termasuk kategori cukup valid, persentase kepraktisan penilaian peserta didik mencapai 93,2% dan penilaian oleh guru 89,7% keduanya termasuk kategori praktis serta tes hasil belajar penilaian keefektifan mencapai rata-rata gain skor 0,44 termasuk peningkatan hasil belajar kategori sedang. Kata Kunci: Hannafin dan Peck, video pembelajaran, asam basa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:28
Last Modified: 02 Apr 2018 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item