Efektivitas Teknik Shaping dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Segeri

HASBIAH, HASBIAH (2017) Efektivitas Teknik Shaping dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Segeri. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal HASBIAH.docx

Download (47kB)

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas teknik shaping dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri. Oleh kerena itu rumusan masalah dalam penelitian ini (i) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik shaping dalam konseling kelompok di SMP Negeri 1 Segeri? (ii) Bagaimana gambaran kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri sebelum dan sesudah perlakuan teknik shaping? (iii) Apakah teknik shaping efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik shaping dalam konseling kelompok di SMP Negeri 1 Segeri (ii) untuk mengetahui gambaran kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri sebelum dan sesudah perlakuan teknik shaping; (iii) untuk mengetahui keefektivan teknik shaping dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental dalam bentuk Nonnequivalent Control Group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri terdiri dari 40 siswa dan sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling yaitu siswa teridentifikasi memiliki kedisiplinan belajar rendah sebanyak 20 orang, kemudian dibagi secara acak masing-masing 10 siswa untuk menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi dan skala penilaian kedisiplinan belajar kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) Teknik shaping dalam konseling kelompok di SMP Negeri 1 Segeri dilaksanakan lima kali pertemuan, disetiap pertemuan partisipasi siswa mengalami peningkatan; (ii) Gambaran tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri sebelum perlakuan teknik shaping berada pada kategori sangat rendah, rendah dan gambaran tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Segeri setelah diberikan teknik shaping berada pada kategori tinggi; (iii) Teknik shaping dalam konseling kelompok efektif meningkatkan kedisiplinan belajar. Kata Kunci : Konseling kelompok, Teknik Shaping, Kedisiplinan Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:20
Last Modified: 02 Apr 2018 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6529

Actions (login required)

View Item View Item