Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Peserta Didik MTsN Gantarang Kabupaten Bantaeng

DARMIATI., DARMIATI. (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Peserta Didik MTsN Gantarang Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
(2) JURNAL DARMIATI.docx

Download (78kB)

ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk:.(1) mengetahui langkah-langkah yang sistematis dalam mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis keterampilan proses,.(2) memperoleh perangkat pembelajaran Biologi berbasis pendekatan keterampilan proses yang valid, praktis, dan efektif bagi peserta didik MTsN Gantarang Kabupaten Bantaeng. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas VII.D MTsN Gantarang Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2015/2016..Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada tahap pengembangan draf I divalidasi oleh para ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan keterampilan proses telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon guru pada saat uji coba dilapangan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu; (1) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, (3) aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik, dan (4) respon peserta didik berada pada kategori sangat positif. penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB), (2) setelah dilakukan validasi dan uji coba maka diperoleh perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:15
Last Modified: 02 Apr 2018 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6528

Actions (login required)

View Item View Item