Analisis Perilaku Pelaku Bullying dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus pada siswa MAN 1 Barru)

MUJTAHIDAH, MUJTAHIDAH (2017) Analisis Perilaku Pelaku Bullying dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus pada siswa MAN 1 Barru). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ANALISIS PERILAKU PELAKU BULLYING.doc

Download (94kB)

Salah satu fenomena perilaku tindak kekerasan yang terjadi diantara siswa adalah perilaku bullying. Perilaku bullying di sekolah hendaknya menjadi perhatian bagi pihak sekolah untuk segera mengatasi kasus bullying yang terjadi demi melindungi siswa dari tindak kekerasan dan penindasan. Kasus perilaku bullying yang terjadi pada siswa MAN 1 Barru memberi dampak yang sangat merugikan baik pada pelaku maupun pada korban. Dengan demikian, sangat dibutuhkan penanganan yang tepat untuk membantu siswa dalam menangani perilaku bullying tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (i) Gambaran perilaku bullying yang meliputi: bentuk - bentuk perilaku bullying, dan karakteristik pelaku, (ii) Faktor yang menyebabkan terjadinya bullying, (iii) Dampak perilaku bullying, dan (iv) Upaya penanganan yang telah dilakukan guru BK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskripftif kualitatif dengan menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat sesuai dengan data, fakta dan kecenderungan yang terjadi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) gambaran perilaku pelaku bullying, meliputi bentuk bullying fisik: memukul, meninju, menendang, menampar, mendorong dan memalak; bentuk bullying verbal: memarahi, menghina, mengejek dan memanggil dengan sebutan yag buruk. Adapun karakteristik pelaku: kurang empati, mudah marah, dan impulsif. (ii) faktor yang mempengaruhi perilaku bullying adalah: (a) pengalaman masa kecil (b) kurang perhatian dari orang tua, (c) dukungan dari teman sebaya, (d) faktor kepribadian pelaku. (iii) dampak perilaku bullying bagi kasus ZA adalah hubungan sosial dengan teman sekelas yang tidak baik karena ZA dijauhi teman-temannya akibat perilakunya. (iv) bentuk penanganan perilaku bullying yang telah dilakukan oleh guru BK adalah teknik konseling yang lebih pada pemberian nasehat. Kata Kunci: Perilaku bullying, agresif, intimidasi, teori belajar sosial; kepribadian. lingkungan dan perilaku.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:14
Last Modified: 02 Apr 2018 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6526

Actions (login required)

View Item View Item