Pengaruh Penerapan Metode survey, question, read, recite, review (SQ3R ) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan membacaPemahaman Siswa di SD Negeri 53 Langnga Kabupaten Pinrang

Nirwana, Nirwana (2016) Pengaruh Penerapan Metode survey, question, read, recite, review (SQ3R ) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan membacaPemahaman Siswa di SD Negeri 53 Langnga Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode SQ3R ,tingkat keterampilan membacapemahaman siswa, pengaruh penerapan metode SQ3R pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan membacapemahaman siswa di SD Negeri 53 Langnga Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, di mana jenis penelitian ini adalah true eksperimen dan desain penelitian yaitu pre dan post test. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, di mana variabel bebasnya adalah metode SQ3R dan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca pemahaman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 53 Langnga yang berjumlah 40 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Dalam proses pengolahan data digunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 53 Langnga Kabupaten Pinrang dilaksanakan dengan menerapkan tahapan yang meliputi survey, question, read, recite dan review dengan baik. (2) Setelah penerapan metode SQ3R di kelas eksperimen nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 77,25 berkategori baik dan di kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan metode SQ3R nilai rata- rata siswa adalah 63,75 berkategori cukup.(3) Ada pengaruh dari penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan membacapemahaman siswa kelas VI di SD Negeri 53 Langnga Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 06:06
Last Modified: 02 Apr 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6523

Actions (login required)

View Item View Item