PENGARUH KESENJANGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 39 BULUKUMBA.

Farmi, Farmi (2014) PENGARUH KESENJANGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 39 BULUKUMBA. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Farmi, 2014..docx

Download (12kB)

ABSTRAK Farmi, 2014. PENGARUH KESENJANGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 39 BULUKUMBA. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Syarifah Balkis, S.Pd.,M.Pd dan Bapak Dr. Herman, S.Pd, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi kesenjangan sosial keluarga siswa di SMP Negeri 39 Bulukumba (2) tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Ilmu Sosial di SMP Negeri.39 Bulukumba dan (3) seberapa besar pengaruh kesenjangan sosial keluarga siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 39 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu proses pengumpulan data melalui teknik angket yang berisi daftar pernyataan dari variable X dan Variabel Y untuk memperoleh pengetahuan dan informasi. Maka dalam penelitian ini peneliti mengamati dan berinteraksi dengan kepala sekolah, guru IPS dan siswa-siswi SMP Negeri 39 Bulukumba Kabupaten Bulukumba dengan menyebarkan angket penelitian kepada siswa dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 39 Bulukumba, yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dan berjumlah 691 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling, diambil 15% dari populasi dan didapatkan 42 siswa. Teknik pengumpulan data variabel bebas yaitu pengaruh kesenjangan sosial keluarga dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis infersensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kondisi kesenjangan sosial keluarga dalam kategori “Cukup Tinggi”, (2) Tingkat motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori “Sedang” dan (3) Kesenjangan sosial keluarga mempunyai pengaruh yang positif secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 39 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item