Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD Negeri 2 Kota Parepare

ASIB, HARTATI (2017) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD Negeri 2 Kota Parepare. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HARTATI ASIB.docx

Download (36kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran kontekstual, minat belajar matematika siswa, dan pengaruh pelaksanaan pembelajaran kontekstual terhadap minat belajar matematika siswa SD Negeri 2 Kota Parepare. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yaitu pra-eksprimen yang menggunakan one-group pretest-postest design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu pelaksanaan pembelajaran kontekstual dan variabel terikat yaitu minat belajar matematika. Populasi penelitian adalah siwa SD Negeri 2 Kota Parepare yang berjumlah 187 orang, sedangkan sampel adalah siswa kelas VI berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar obeservasi dan angket minat belajar matematika yang telah divalidasi oleh validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dengan dua jenis statisik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meliputi uji normalitas data dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 24 (for windows). Hasil penelitian menunjukkan secara deskriptif bahwa: (i) gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual sudah sangat baik, (ii) gambaran minat belajar matematika sebelum pelaksanaan pembelajaran kontekstual berada pada kategori tinggi dan setelah pelaksanaan pembelajaran kontekstual berada pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual terhadap minat belajar matematika pada taraf nyata α = 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:57
Last Modified: 02 Apr 2018 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6518

Actions (login required)

View Item View Item