Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Talang Biji Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa kelas II SD Negeri 1 Parepare

MURSIDA, MURSIDA (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Talang Biji Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa kelas II SD Negeri 1 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenggambarkan penggunaan media pembelajaran talang biji, mengetahui gambaranmotivasi belajar, menguji pengaruh penggunaan media talang biji terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas II SD NegeriI Parepare. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperimentaldesign yaitu dengan pretes dan posttestcontrol group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel : variabel bebas yaitu penggunaan media talang biji dan variabel terikat adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1Parepare yang berjumlah 291. Sampel diambil secara acak berjumlah 54 siswa dengan memperhatikan undur-unsur homogenitas dari populasi tersebut. Selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langah-langah yang sudah ditetapkan melalui teknik matching group kemudian dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing 27 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut divalidasi oleh pembimbing selaku validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: uji normalitas data, homogenitas data, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22.) for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (i) Penggunaan media talang bijipada pembelajaran matematia di kelas II SD Negeri 1 Parepare terdiri dari mempersiapkan alat bantu/media pembelajaran,, memberi penjelasan tentang materipelajaran dan cara penggunaan media talang biji pada perkalian dan pembagian bilangan, memperagakan penggunaan alat, member tugas pada siswa untyuk mencari jawabannya dengan menggunakan media talang biji, (ii) motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas II SD Negeri 1Parepare sebelum penggunaan talang biji berada sangat rendah11%, rendah 63% sedang 26% tetapi setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan dimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan media talang biji berada pada kategori tinggi15%dan sangat tinggi 85%. untuk kelas eksprimen baik pada kelompok kontrol sebelum pada perlakuan juga berada pada karegori sangat rendan 11%, rendah 81% dan sedang 7% setelah diberikan perlakuan 8% kategori rendah,81% kategori sedang, dan 11% kategori tinggi (iii) terdapat pengaruh penggunaan media talang biji terhadap motivasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Parepare. Kata kunci: Media Talang Biji, Matematika, dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:51
Last Modified: 02 Apr 2018 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6516

Actions (login required)

View Item View Item