HASMAWATI, HASMAWATI (2016) EfektifitasPemanfaatan Tutor SebayaDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKemampuanMembacaPemahamanSiswaKelas V SD Negeri 55 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
PENDAHULUA1.docx Download (31kB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntuk: Mengetahuigambaranpemanfaatan tutor sebaya, gambarantingkatkemampuanmembacapemahamansiswasebelumdansesudahpemanfaatan tutor sebayadanUntukmengetahuiefektifitaspemanfaatan tutor sebayadalampembelajaranbahasa Indonesia terhadapkemampuanmembacapemahamansiswakelas V SD Negeri 55 Parepare.Adapunjenispenelitianiniadalah trueeksprimen, dengandesainpenelitian pretest dan posttest one group desaign.Tehnikpengumpulandatanyadilakukanmelaluiobservasidantest.Subyekpenelitianterdiridari 25 orang siswaSekolahDasarNegeri 55 Pareparedaripopulasi 50 orang siswa.Datadianalisisdengananalisisdeskriptifdananalisisinferensialdenganbantuanaplikasai SPSS 21 for windows.Dimana Hasilpenelitian,menunjukkanbahwakemampuanmembacapemahamandenganmenggunakantekhnik tutor sebayasebelumdiberiperlakuankecenderunganberadapadakategorirendahdansedangtetapisetelahdiberiperlakuanterjadipeningkatandimanakemampuanmembacapemahamananakdenganpemanfaatanteknik tutor sebayaberadapadakategorisedangdantinggi. AnalisisInferensialnyamenunjukkanadapengaruhpemanfaatantekhnik tutor sebayaterhadappeningkatankemampuanmembacapemahamanpadasiswa. Kata Kunci: Tutor Sebaya, MembacaPemahaman
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 05:32 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 05:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6507 |
Actions (login required)
View Item |