Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone Kabupaten Bone

AENI, NUR (2017) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone Kabupaten Bone. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL OK ini.doc

Download (162kB)

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana strategi pendidikan karakter yang diterapkan pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone? (ii) Apa faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone? (iii) Apa faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui strategi pendidikan karakter yang diterapkan pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone, (ii) Untuk mengetahui Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone (iii) Untuk mengetahui Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Strategi pendidikan karakter yang diterapkan pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten yaitu Pengenalan, peserta didik diperkenalkan berbagai karakter yang baik dari lingkungan sekolah. Pemahaman, peserta didik mengikuti prosedur di sekolah. Penerapan, peserta didik menerapkan hal-hal yang telah guru maupun pihak sekolah berikan di dalam membentuk karakter siswa. Pengulangan, agar mendapatkan hasil maksimal pada pembentukan karakter peserta didik melalui pembudayaan, dan internalisasi. (ii) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone yaitu motivasi dan dukungan orang tua siswa, berupa perhatian, ketenangan dan teladan yang baik. Lingkungan sekolah, dan fasilitas pendidikan, baik fasilitas dari sekolah itu sendiri maupun fasilitas pembelajaran yang ada di sekolah, berupa sarana perpustakaan, laboratorium, koperasi sekolah dan mushallah. Dan penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik seperti halnya pendidikan karakter yang berbasis religius, hubungan pribadi bagi peserta didik, penanaman sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, demokrasi, gemar membaca, dan komunikatif. Pendidikan karakter berbasis lingkungan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, pendidikan karakter berwawasan kebangsaan yaitu semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan peduli sosial. (iii) Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di MAN 1 Bone Kabupaten Bone yaitu latar belakang siswa yang berbeda, kurang kesadaran siswa akan peraturan sekolah dan lingkungan atau pergaulan siswa. Dan masih banyak peserta didik kurang penanaman pendidikan karakter yang berbasis hubungan pribadi, berwawasan kebangsaan dan kurang penanaman pendidikan karakter yang peduli terhadap lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:26
Last Modified: 02 Apr 2018 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item