Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik-Kontekstual pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo

PRATIWI.., RAHAYU (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik-Kontekstual pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan satu kelas eksperimen, yakni kelas VII.9 yang terdiri dari 28 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII.9 tersebut diberi perlakuan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif, analisis statistika inferensial dan analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika lebih dari 74,9 (KKM), peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo signifikan dan berada pada kategori sedang, hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika mencapai ketuntasan klasikal, yakni hanya 86% (lebih dari 80%); 2) Aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika berada pada kategori aktif; dan 3) Respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika berada pada kategori cenderung positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan saintifik-kontekstual pada pembelajaran matematika efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:16
Last Modified: 02 Apr 2018 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item