Pelaksanaan Pembelajaran PAIKEM TerhadapMotivasi Belajar Siswa pada MataPelajaran Sains di SD Negeri 29 dan 30 Parepare

INDRIANI, INDRIANI (2016) Pelaksanaan Pembelajaran PAIKEM TerhadapMotivasi Belajar Siswa pada MataPelajaran Sains di SD Negeri 29 dan 30 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V SD Negeri 29 dan 30 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pemamfaatan desain True Eksperimental Design dan bentuk yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 29 Parepare yang berjumlah 162 orang dan SD Negeri 30 Parepare yang berjumlah 152 orang jadi jumlah populasi seluruhnya adalah 314 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah Kelas V SD Negeri 29 yang berjumlah 28 orang dan Kelas V SD Negeri 30 Parepare yang berjumlah 28 orang ,jadi jumlah sampel seluruhnya adalah 56 orang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 28 orang perempuan pada Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Kelas eksprimen dan kelas control dipilih secara random. Tekhnik pengumpulan data dengan pemamfaatan tekhnik angket. Data dianalisis dengan pemamfaatan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji t independent dengan bantuan SPSS versi 22. 0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains sangat meningkat. Ini terbukti pada motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains sebelum pelaksanaan pembelajara PAIKEM pada umumnya berada pada kategori rendah, namun setelah pelaksanaan pembelajara PAIKEM pada mata pelajaran Sains di kelas eksprimen motivasi belajar siswa sangat meningkat dan berada pada kategori sangat tinggi dan pada kelas kontrol pada umumnya berada pada kategori sedang. Oleh karena itu pelaksanaan pembelajaran PAIKEM sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains seperti yang telah digunakan oleh peneliti disbanding dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains tanpa pelaksanaan pembelajaran PAIKEM. Kata Kunci : Pembelajaran PAIKEM, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:37
Last Modified: 02 Apr 2018 04:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item