Orang Buton di Bonerate 1957-2011. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

Irmawati, Irmawati (2014) Orang Buton di Bonerate 1957-2011. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Irmawati..docx

Download (12kB)

ABSTRAK Irmawati. 2014. Orang Buton di Bonerate 1957-2011. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bahridan LaMalihu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang kedatangan Orang Buton, proses kedatangan, pola kehidupan sosial, serta dampak keberadaan Orang Buton terhadap perkembanga nkehidupan di Pulau Bonerate. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, melalui tahapan-tahapan kerja yang meliputi teknik pengumpulan data berupa penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, kemudian teknik analisis data berupa kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang kedatangan Orang Buton di Bonerate yaitu di Binongko, kondisi geografis yang tidak subur, menyebarluaskan Agama Islam, dan gejolak politik. Proses kedatangan Orang Buton di Bonerate pada abad ke-XVII melakukan perjalanan mencari tempat untuk bermukim da npenyebaran Agama Islam. Selainitu, pada tahun 1957-1960-an kedatangan Orang Buton di Bonerate terjadi ketika pemberontakan DI/TII di Sulawesi Tenggara. Pola kehidupan sosial Orang Buton yaitu Pemukiman Orang Buton, Pada sekitar tahun 1980-an, kebanyakan rumah masih terbua dari kayu. Namun pada era 1990-an kebanyakan warga sudah mulai membangun rumah yang terbuat dari batako. Interaksi sosial, di Pulau Bonerate telah tercipta azas timbal-balik dalam kegiatan gotong royong di kalangan orang Buton dan juga 6 suku lainnya yang ada di Bonerate. Hubungan kekerabatan di Bonerate adalah patrilinear. Dampak keberadaan Orang Buton di Bonerate dapat di lihat dalam berbagai aspek kehidupan di Pulau Bonerate yakni terhadap penamaan kampung, budaya, serta masyarakat dapat memeluk Agama Islam. Akhir penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya Orang Buton di Bonerate memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan di Bonerate dalam berbagai aspek seperti ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan keagamaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:50
Last Modified: 25 Apr 2016 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item