Hubungan Minat Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Biringkanayya

NURBAYA., NURBAYA. (2017) Hubungan Minat Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Biringkanayya. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
10. BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan gambaran minat belajar, disiplin belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se-Kecamatan Biringkanayya. (2) Untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se-Kecamatan Biringkanayya.(3) Untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV se-Kecamatan Biringkanayya. (4) Untuk mengetahui hubungan minat belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se-Kecamatan Biringkanayya. Jenis penelitian ini adalah Ex-Post Facto dengan desain penelitiannya yaitu hubungan anatara variabel bebas dan variabel terikat (X1, X2 dan Y), dimana X1 minat belajar, X2 disiplin belajar dan Y hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDsekolah di SD Se- Kecamatan Biringkanayya, sedangkan penarikan sampel dilakukan dengan tekhnik Multistage Random Sampling, yang terdiri dari dua tahap yaitu (1) Menentukan unit utama sampel (Primary Sampling Units). Unit utama sampel dalam penelitian ini adalah dikuhususkan pada siswa kelas IV SDN se-kecamatan Biringkanayya. (2) Menetukan sampel sekolah yang mewakili akreditasi A dan akreditasi B (Propotionate Startified Random Sampling) karena populasinya terbagi menjadi dua kelompok. Berdasarkan gambaran populasi jumlah SDN se-kecamatan Biringkanayya adalah 15 unit sekolah yang terdiri dari 6 sekolah ter-akreditasi A dan 43 sekolah ter-akreditas B. Dalam menentukan ukuran sampel sekolah menggunakan rumus yang diadaptasi dalam buku Riduwan dan Akdon (2013), berdasarkan perhitungan tersebut maka jumlah sampel di sekolah Akreditasi A sebanyak 2 sekolah dan Akreditasi B sebanyak 13 sekolah. Penentuan sample siswa berdasarkan tabel yang dikembangkan oleh Isaac and Michael (dalam Sugiyono 2016: 89-90) dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampel siswa adalah 233 dari 716 populasi. Tekhnik pengumpulan data diambil melalui dokumentasi dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan angket minat belajar dan angket disiplin belajar dan tekhnik analisis data dalam penelitian ini teridiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran minat belajar, disiplin belajar dan hasil belajar IPA siswa SD se-Kecamatan Biringkanayya yaitu minat belajar berada pada kategori S (Setuju); disiplin belajar beada pada kategori S (Setuju); dan hasil belajar berada pada kategori sangat tinggi. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se- Kecamatan Biringkanayya. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se- Kecamatan Biringkanayya. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se- Kecamatan Biringkanayya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:29
Last Modified: 02 Apr 2018 04:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item