Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja di SMA Negeri Kota Makassar

DEWI, ERNI RATNA (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompetensi, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja di SMA Negeri Kota Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Erni Ratna Bab 1-3 perbaikan juni 2016 motivasi kerja.doc

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pengaruh kecerdasan emosional, kompetensi, dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar? (2) Apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Makassar? (3) Apakah kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar? (4) Apakah kompetensi berpengaruh terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Makassar? (5) Apakah komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar? dan (6) Apakah komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar; (2) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Makassar; (3) Menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar; (4) Menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Makassar; (5) Menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar; dan (6) Menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja melalui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja, baik langsung maupun tidak langsung. Kecerdasan emosional yang dimiliki setiap guru memberikan kemudahan dalam mengajar siswa di sekolah. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja, baik langsung maupun tidak langsung. Kompetensi menjadi hal yang penting dalam menunjang profesi guru serta memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan proses belajar mengajar secara efektif. Komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Ini berarti penerapan komunikasi interpersonal dari guru mendukung kelancaran aktivitas belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:18
Last Modified: 02 Apr 2018 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item