Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

IBRAHIM. M., IBRAHIM. M. (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL APLIKASI STAD-BCE.docx

Download (74kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan gambaran pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar saat ini dan mengembangkan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Dengan dihasilkannya model pembelajaran kooperatif STAD BCE, akan memberikan khasanah studi teoritis tentang pengembangan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar, dengan karakteristik model adalah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga peserta didik terangsang dapat berpikir kreatif menyatakan pendapat saat berdiskusi dan kritik dalam menanggapi jawaban kelompok lain saat presentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dengan pertimbangan bahwa bidang pendidikan memang menfokuskan kajian penelitian pengembangan untuk mendapatkan produk berupa model baik dalam bentuk produk asli maupun pengembangan. Model pembelajaran ini membantu mengembangkan kemampuan belajar peserta didik dengan penanaman nilai karakter (1) religius dengan indikator (a) berdoa sebelum dan sesudah belajar, (b) mengucapkan salam sebelum dan sesudah berbicara (c) sopan dalam perkataan dan perbuatan (2) toleransi dengan indikator (a) menerima perbedaan pendapat dengan orang lain (b) tidak memotong pembicaraan orang yang sedang bicara (c) tidak memiliki sifat dendam terhadap temannya (3) semangat kebangsaan dengan indikator (a) bersungguh-sungguh mengikuti diskusi (b) bersikap tidak cepat menyerah dalam bekerja (c) bekerjasama orang lain yang berbeda latar belakang. (4) tanggung jawab dengan indikator (a) menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu (b) tidak melemparkan kesalahan kepada orang lain (c) bersikap siap menanggung resiko pekerjaan. Pendidik mengajar peserta didik dengan model pembelajaran ini dilengkapi dengan perangkat seperti Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Panduan Pendidik, Buku Bacaan Peserta Didik, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Lembar Penilaian Peserta Didik. Perangkat-perangkat pembelajaran tersebut setelah divalidasi oleh 3 (tiga) orang validator kemudian diujicobakan dilapangan ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar ini memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:18
Last Modified: 02 Apr 2018 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item