Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Pinrang

ROSITA, ROSITA (2017) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Pinrang. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1. BAB I Rosita 14B08118 (1-8).pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
5. BAB V Rosita 14B08118 (67-72).docx

Download (32kB)

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk (i) mengetahui besarnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah (ii) mengetahui besarnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional (iii) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional (iv) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Kelas X.4 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah sedangkan X.6 ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (i) rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sedang (ii) rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mengikuti pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah (iii) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional (iv) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas dengan pembelajaran berbasis masalah, peningkatannya berada pada kategori 0,3 ≤ g ≤ 0,7 karena nilai g = 0,54 yang berarti termasuk kategori sedang. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:17
Last Modified: 02 Apr 2018 04:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6490

Actions (login required)

View Item View Item