Pengaruh Teknologi Pembelajaran Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan IPS di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Maharuddin Pangewa, M.Si dan Hasni, S,Pd, M.Pd).

Deskya, Tryandini (2015) Pengaruh Teknologi Pembelajaran Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan IPS di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Maharuddin Pangewa, M.Si dan Hasni, S,Pd, M.Pd). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Deskya, Tyandini.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Deskya Tryandini, 2015. Pengaruh Teknologi Pembelajaran Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan IPS di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Maharuddin Pangewa, M.Si dan Hasni, S,Pd, M.Pd). Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Watansoppeng. (2) Untuk mengetahui proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Watansoppeng. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Watansoppeng. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari pemanfaatan teknologi pembelajaran (variabel X) dan proses pembelajaran pendidikan IPS (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Watansoppeng sebanyak 662 siswa serta sampel sebanyak 84 siswa dengan teknik Claste/Stratified random sampling. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa :(1)Gambaran pemanfaatan teknologi pembelajaranIPS di SMPN 1 Watansoppeng dalam kategori“cukup baik” ditinjau dari penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, dan kombinasi keduanya. (2) Proses pembelajaran IPS siswa di SMPN 1 Watansoppeng berada pada kategori “baik”di tinjau dari indikator mengarahkan perhatian, memberikan tujuan yang hendak dicapai, merangsang timbulnya ingatan tentang pengetahuan yang telah dipelajari, memberikan petunjuk dan tuntunan dalam kegiatan belajar, memancing penampilan siswa, menilai penampilan atau hasil belajar. (3) Terdapat pengaruhyang signifikan terhadap proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Watansoppeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item