Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Peserta Didik Kelas X Tkj 1 SMK Negeri 5 Bulukumba

RAHMAYANI., EVI (2017) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Peserta Didik Kelas X Tkj 1 SMK Negeri 5 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL EVI RAHMAYANI.docx

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 5 Bulukumba pada pembelajaran fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 5 Bulukumba yang berjumlah 25 siswa. Tekhnik Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket minat belajar,lembar observasi dan tes dalam bentuk tes pilihan ganda. Pemberian tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh setelah pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah (1) Minat belajar peserta didik meningkat dari siklus I minat peserta didik dengan kategori rendah ada 2 orang sedangkan pada siklus II sudah tidak ada lagi, untuk minat peserta didik cukup pada siklus I sebanyak 10 orang ( 40 % ) sedangkan pada siklus II berkurang menjadi 2 orang ( 8 % ),untuk minat peserta didik tinggi pada siklus I sebanyak 12 orang ( 48 %) sedangkan pada siklus II 14 orang ( 56 % ), untuk minat peserta didik sangat tinggi pada siklus I 1 orang ( 4 % ) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 4 orang ( 36 % ); (2) Skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik pada siklus I yaitu 61,40 dikategorikan dalam skala lima maka rata-rata skor peserta didik berada pada kategori cukup,sedangkan skor rata-rata peserta didik pada siklus II yaitu 74,00 dikategorikan dalam skala lima berada pada kategori tinggi; (3) Pembelajaran Fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga meningkat dari baik menjadi sangat baik. Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Fisika peserta didik kelas X TKJ 1 SMK Negeri 5 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:09
Last Modified: 02 Apr 2018 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6487

Actions (login required)

View Item View Item