Pengaruh Teknik Bibliokonseling Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa di SMPN 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu

SULAEMAN, SIMON (2017) Pengaruh Teknik Bibliokonseling Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa di SMPN 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Simon Sulaiman.doc

Download (175kB)

ABSTRAK Konsep diri merupakan pandangan yang dimiliki individu tentang dirinya dan melalui intervensi teknik bibliokonseling dapat meningkatkan konsep diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran mengenai konsep diri siswa di SMPN 1 Bua Ponrang. (ii) Untuk mengetahui pengaruh teknik bibliokonseling terhadap pembentukan konsep diri siswa di SMPN 1 Bua Ponrang. Jenis penelitian pra ekperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Prosedur penelitian meliputi Pre Test, pemberian teknik bibliokonseling dan Post Test. Populasi target sebanyak 43 siswa kelas VIII yang terindikasi mengalami konsep diri negatif dan sampel sebanyak 30 siswa diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Bahan perlakuan teknik bibliokonseling berupa bahan bacaan yang telah divalidasi ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriftif dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan (i) Tingkat konsep diri siswa di SMPN 1 Bua Ponrang mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest 134,10 dengan kategori sedang meningkat menjadi rata-rata nilai posttest 174,23 dengan kategori tinggi. (ii) Hasil uji hipotesis menunjukkan, bahwa ada pengaruh positif teknik bibliokonseling terhadap pembentukan konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Bua Ponrang, sehingga teknik bibliokonseling efektif digunakan untuk meningkatkan konsep diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:06
Last Modified: 02 Apr 2018 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item