Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Langsung pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup

ERNAWATI, ERNAWATI (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Langsung pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1. BAB I (1-6).pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB V (91-98).pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Model Pembelajaran Langsung pada konsep Klasifikasi Makhluk Hidup yang valid, praktis dan efektif bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonomulyo,Kabupaten Polewali Mandar Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.a SMP Negeri 2 Wonomulyo ,sebanyak 28 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 perempuan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis model Pembelajaran langsung yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Model Pembelajaran Langsung bersifat valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan telah memenuhi kriteria kevalidan meliputi RPP, Buku Peserta Didik dan LKPD masing-masing berada pada kategori "Sangat Valid", dikatakan praktis karena perangkat pembelajaran ini memiliki derajat keterlaksanaan dengan kategori terlaksana seluruhnya dan nilai reliabilitasnya kategori “reliabel”. Selanjutnya, dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: Pertama, pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase ketuntasan 92,9 %. Kedua, aktivitas siswa dikategorikan efektif karena siswa aktif melibatkan diri untuk setiap aktivitas sesuai toleransi waktu ideal yang ditetapkan. Ketiga, Pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Keempat, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran untuk setiap aspeknya dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran langsung, Klasifikasi Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 03:56
Last Modified: 02 Apr 2018 03:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item