Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif dalam Interaksi Belajar Mengajar pada Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar

Ariska, Iis (2018) Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif dalam Interaksi Belajar Mengajar pada Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. S1 thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA IMPERATIF DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PADA KELAS XI SMA NEGERI 11 MAKASSAR.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) wujud kesantunan berbahasa imperatif guru berdasarkan kesantunan pragmatik dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMA Negeri 11 Makassar; (2) wujud kesantunan berbahasa imperatif siswa berdasarkan kesantunan pragmatik dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah wujud kesantunan pragmatik imperatif dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar pada kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik rekam dan teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) wujud kesantunan pragmatik imperatif guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri 11 Makassar, yaitu wujud tuturan deklaratif yang ditemukan menyatakan makna pragmatik imperatif suruhan, ajakan, permohonan, persilaan, dan larangan, dan wujud tuturan interogatif yang menyatakan makna pragmatik imperatif perintah, permohonan, dan persilaan; (2) wujud kesantunan pragmatik imperatif siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri 11 Makassar, yaitu wujud deklaratif yang ditemukan menyatakan makna pragmatik imperatif suruhan, ajakan, permohonan, dan larangan, dan wujud tuturan interogatif yang menyatakan makna pragmatik imperatif perintah dan permohonan. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada guru dan siswa agar memperhatikan penggunaan tindak tutur yang santun terhadap lawan tutur dalam interaksi belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 03:45
Last Modified: 02 Apr 2018 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6480

Actions (login required)

View Item View Item