Penggunaan Deiksis dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia pada Kelas VII SMP Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar

Andiana B., Sri (2016) Penggunaan Deiksis dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia pada Kelas VII SMP Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bentuk deiksis dalam interaksi dari guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data penelitian ini adalah salah seorang guru bahasa Indonesia dan siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar sebanyak 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik simak bebas libat cakap, catat, dan rekam. Teknik analisis data yang dilakukan dengan mengklasifikasi dan mendeskripsikan bentuk deiksis oleh guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bentuk deiksis dalam interaksi dari guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa sebagai berikut. Pertama, penggunaan bentuk deiksis dalam interaksi dari guru ke siswa terdiri atas (1) deiksis persona, yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: deiksis persona pertama, guru dominan menggunakan kata ganti nama diri yang mengacu pada deiksis persona pertama saya sebagai bentuk keeakraban, dan penggabungan deiksis, deiksis persona kedua, dan deiksis persona ketiga; (2) deiksis tempat; dan (3) deiksis waktu. Penggunaan bentuk deiksis dalam interaksi dari siswa ke guru terdiri atas (1) deiksis persona, yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: deiksis persona pertama, deiksis persona kedua, pada penggunaan deiksis persona kedua, siswa lebih dominan menggunakan kata ibu sebagai pengganti kata kamu sebagai bentuk penghormatan, dan deiksis persona ketiga; (2) deiksis tempat; dan (3) deiksis waktu. Penggunaan bentuk deiksis dalam interaksi dari siswa ke siswa terdiri atas (1) deiksis persona, yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: deiksis persona pertama, deiksis persona kedua, siswa lebih dominan menggunakan kata kau, yang menandakan status sosial yang sama, dan deiksis persona ketiga; (2) deiksis tempat, dan (3) deiksis waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:52
Last Modified: 02 Apr 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item