pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips dismp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng.program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Fakultas ilmu sosial. Universitas negeri makassar.(dibimbing olehsyarifah balkis, s.pd, m.pd dan dr. Ibrahim s.ag, m.pd.)

Andi, irman (2014) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips dismp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng.program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Fakultas ilmu sosial. Universitas negeri makassar.(dibimbing olehsyarifah balkis, s.pd, m.pd dan dr. Ibrahim s.ag, m.pd.). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Andi, Irman.docx

Download (13kB)

Abstrak Andi irman. 2014.pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips dismp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng.program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Fakultas ilmu sosial. Universitas negeri makassar.(dibimbing olehsyarifah balkis, s.pd, m.pd dan dr. Ibrahim s.ag, m.pd.) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan(1) gambaran kecerdasan intelektual siswa di smp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng(2) gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di smp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng(3) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips di smp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel, yaitu kecerdasan intelektual (variabel x) dan hasil belajar siswa (variabel y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa smp negeri 3 marioriawa yang berjumlah 357siswa, serta sampel penelitiannya yaitu 71 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kecerdasan intelektual siswa dapat digolongkandalam kategori “tinggi” dengan rata-rata 76,17,dan gambaran hasil belajar siswa yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik tergolong dalam kategori “baik” dengan mean (rata-rata) 77,66. Sertakecerdasan intelektual berpengaruh signifikan akan tetapi memiliki korelasi yang rendah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di smp negeri 3 marioriawa kabupaten soppeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:39
Last Modified: 29 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item