Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Respon Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sudirman 1 Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar

Amanah., Ria (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Respon Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sudirman 1 Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (180kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) respon siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. (2) hasil belajar IPS siswa dengan penerapan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. (3) Perbedaan respon siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. (4) Perbedaan hasil belajar IPS sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problem posing pada siswa Kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan pre-eksperimen, dengan model pendekatan pre-test post-test one group design. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap respon dan hasil belajar IPS. Instrument penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Data Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar. Analisis statistik inferensial (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap respon dan hasil belajar IPS melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh respon siswa dengan penerapan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. (2) hasil belajar IPS siswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. (3) terdapat peningkatan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. (4) terdapat peningkatan hasil belajar IPS setelah penerapan model pembelajaran problem posing pada siswa kelas V SDN Sudirman I Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:29
Last Modified: 02 Apr 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item